Kamis, 23 Oktober 2014

Bentor Medan dan Bentor Gorontalo

Hey Bloggers, apa kabar? Hehe, kangen juga belum blogwalking lagi. :mrgreen: Sekarang saya mau nulis tentang Bentor ah. Ada yang tahu apa itu Bentor? Pasti hampir semua tahu deh soal Bentor. Cuma urusan udah naik atau belum sih pasti belum tentu semua sudah, karena belum tentu semua sudah pernah bertandang ke kota yang ada Bentornya. Kalau naik becak gimana? Sudah atau belum? Saya juga yakin belum semua pernah naik becak dengan beberapa alasan tertentu. *sok tau nih dhila :D

Angkutan umum yang cukup terkenal di Medan adalah Bentor alias Becak Motor. Becak Motor adalah kendaraan perpaduan dari becak dan motor. Jika biasanya becak (gerobak) hanya dijalankan dengan di-goes saja, Bentor dijalankan dengan menggunakan motor. Awalnya saya pikir bentor hanya ada di Medan saja, karena yang saya sering lihat di tv ya Bentor yang ada di Medan. Tapi ternyata, ati olo saya ini (frase khas Gorontalo yang entah apa artinya saya kurang tahu. hehe) .. Bentor pun juga ada ji di Gorontalo. Bentor yang ada di Gorontalo pun sama dengan yang ada di Medan, yakni sama-sama perpaduan Becak dan Motor. Namun ternyata ada perbedaannya meski tidak begitu banyak. Oke, coba kita lihat beberapa foto dibawah ini:
Bentor Medan (panoramio.com)
Nah ini dia Bentor Medan, dengan posisi Motor yang ditempelkan disamping becak. Sayang sekali ketika saya berada di Medan, saya tidak sempat mencoba naik Bentor Medan. Semoga kalau diberikan kesempatan ke Medan lagi saya bisa mencoba naik Bentor keliling kota Medan. Amin. :)
Bentor Gorontalo (koleksi dhila13)
Kalau ini Bentor Gorontalo dengan posisi motor yang  ada di belakang becak. Yang duduk di kursi penumpang (depan) adalah saya sendiri (dhila13) jadi tampilan fotonya sengaja saya corat-coret di bagian wajah dan kaki, hehe biar teman-teman bloggers penasaran bagaimana wajah saya (GEER!). Sementara yang duduk di kursi pengemudi (belakang) adalah pak Sirjon, pemilik Bentor. Foto ini diambil tahun lalu ketika pertama kali saya berkunjung ke Gorontalo.
Nah bloggers, begitulah ceritanya postingan saya ini, cuma ingin publish perbedaan kecil antara Bentor Medan dan Bentor Gorontalo. Sebenarnya Bentor tidak hanya ada di Medan dan Gorontalo saja, di beberapa kota seperti Makassar, Padang dan Bangka pun juga ada. Ada lagi yang tahu dimana Bentor berada selain di lima kota yang saya sebutkan tadi? Oh iya, ngomong-ngomong, ternyata postingan saya ini sama dengan postingannya Ananda. Padahal saya ga plagiat atau ide nyontek lho. Kebetulan sama hehe. (http://dhila13.wordpress.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar