Jumat, 24 Oktober 2014

Kuda Lumping


Kuda lumping (jaran kepang) adalah suatu kesenian khas pulau jawa . Sesuai namanya, tentu tarian ini menggunakan kuda tiruan dari anyaman bambu (kepang) dan mengenakan pakaian khas pasukan berkuda kerajaan.



Lain daerah lain pula cerita dan karakteristiknya. Di Yogyakarta , kuda lumping ini menceritakan tentang pasukan berkuda Pangeran Diponegoro yang melawan penjajahan Belanda. Karakteristiknya ialah anyaman kuda yang besar dengan penunggang berpakaian adat setempat dan tak jarang menggunakan kacamata.

Ada juga versi lain di daerah Jawa Tengah, kuda lumping menceritakan tentang pasukan berkuda kerajaan Mataram yang dipimpin Sultan Hamengku Buwana I. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur karakteristiknya hampir sama ,yaitu: Pakaian kerajaan , riasan yang mencolok seperti pasukan yang sedang berperang sunguhan , kuda dengan ukuran tanggung.

Apapun versinya, Kuda Lumping sendiri menceritakan tentang peperangan kekuatan jahat dan baik. Kekuatan jahat digambarkan seorang raksasa beringas , biasanya memakai leak sebagai tokohnya dan kekuatan baik yang digambarkan sebagai pasukan berkuda.

Menari kesenian tradisional tentu tidak asal menari. Ada beberapa babak di tarian ini (saya ambil tarian kuda lumping versi Temanggung Jawa Tengah) antara lain :

> Babak pembukaan
Babak ini menceritakan semangat pasukan berkuda. Penari akan menari sangat enerjik. Dan biasanya ditambah dengan Sungkeman (salam / sapaan) pada pemirsa , Kiprah sebagai tanda pasukan telah siap.

> Konflik
babak ini dimulai saat si "Landang" yang menggambarkan seorang pemimpin pasukan yang gagah berani menari sendiri tanpa iringan pasukanya. Biasanya diiringi nyanyian suara tenor seorang pria. Setelah tarian itu selesai, leak akan muncul dan mulai menyerang Landang ini.

> Klimaks
Pada bagian ini Landang yang sudah terpuruk akan bangkit kembali dan mengalahkan leak tersebut.

> Anti Klimaks
adalah akhir dari tarian. Pasukan menari tarian kemenangan dengan mengangkat anyaman kudanya diatas kepala lalu keluar panggung.



Tak jarang juga yang menggunakan alur flashback dengan kemunculan leak dan penari wanita , lalu Landang mengusir Leak. Baru tarian dimulai

tari kuda lumping lamuk gunung , temanggung
Karena perkembangan kreatifitas para seniman tari, kini tari-tarian Kuda lumping sudah mulai menggunakan Reog Ponorogo , Warok , Tari jaipong , Barong Bali dan mulai digabungkan dengan musik gamelan bali di beberapa bagian. (http://hensamw.blogspot.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar