Rabu, 04 Maret 2015

Pabrik Gula (SuikerFabriek) di Tegal

PG Pangka
PG Pangka. by: Wikipedia

Tegal, yang dulu menjadi salah satu kota yang sangat berpengaruh, bahkan mulai jaman penjajahan Belanda. Maka tidak dipungkiri jika di Tegal dulunya banyak dibangun pabrik – pabrik hingga jalan kereta api, jalan raya, pelabuhan, dan sarana lainnya.
Salah satu faktor kenapa Tegal menjadi salah satu kota yang menjadi sorotan pemerintah Belanda saat itu karena Tegal memiliki lokasi yang sangat strategis dan lahan yang subur, air yang mudah didapat (salah satunya dari Sungai Gung) dan pelabuhan yang sangat ramai kala itu.

Salah satu bekas peninggalan pada masa penjajahan Belanda adalah Pabrik Gula (PG) atau disebut Suiker Fabriek (SF). Apa saja Pabrik Gula yang pernah ada di Tegal? Yuk kita bahas satu persatu:

1. SF Adiwerna

Konstruksi SF Adiwerna ini dibuat oleh Holmberg pada sekitar tahun 1841. Namun sebelum membuat SF Adiwerna, Holmberg membuat konstruksi SF Djatibarang terlebih dahulu.
Untuk bekas-bekas SF Adiwerna ini ada didaerah Ujungrusi (dahulu bernama Oedjongroesi). Bekas-bekasnya antara lain rel lori di Turunan Cunong yang kadang sesekali “tersembul” keluar dari aspal.
Gambar mesin nya bisa dilihat di Geheugenvannederland . Foto tersebut diambil sekitar tahun 1868 – 1939.

2. SF Balapoelang

Pabrik tersebut ada di sekitar tahun 1920-1935 yang berlokasi di dekat bekas Bioskop Omega (yang kini menjadi sarang burung lawet).
Berikut gambar-gambarnya:

3. SF Doekoehwringin

Menurut, tongtong.nl, SF Doekoewringin berdiri pada awal abad kedua puluh. Ini adalah salah satu pabrik yang dibangun dengan sistem kontrak gula, yang dikeluarkan oleh Menteri Koloni, JC Baud pada tahun 1840. Pabrik milik Th. Lucassen.
Untuk lokasi bekas SF Doekoehwringin ini kurang diketahui.
Gambarnya:

4. SF Kagok

Pabrik ini ada sekitar tahun 1890.
Untuk gambarnya bisa dilihat di Kitlv.

5. SF Kemanglen

SF Kemanglen didirikan sekitar tahun 1842 oleh Lucassen dan Hoevenaar. Untuk posisinya sendiri berada disekitar Pakembaran Slawi. Untuk bekas – bekasnya masih bisa dilihat di sekitar barat dan selatan SMA N 1 Slawi. Konon kabarnya, salah satu bangunan yang ada di SMA N 1 Slawi juga merupakan salah satu bekas SF Kemanglen.
Foto SF Kemanglen laiinya bisa dilihat di dbnl.org

6. SF Kemantran

Didirikan sekitar tahun 1868.
Foto: Molen penghancur di SF Kemantran.

7. SF Pagongan

SF Pagongan
Sumber: Tropenmuseum
Pabrik ini ada di sekitar tahun1928 – 1940. Untuk lokasinya ada diseputaran Kodim Pagongan – Pasar Pagongan. Untuk bekas bangunannya masih bisa dilihat di sana.
Disekitaran Pagongan juga kita bisa melihat beberapa bangunan tua jaman Belanda.

8. SF Pangka

PG Pangka
Foto by: Disparbud Kab Tegal
Pangka berdiri tahun 1832 di Desa Pangkah. Pemilik PG Pangka ini adalah Nv Mitjot Explitatie Dert Suiker Fabrieken dikelola oleh NV KOSY dan SUCIER yang bekedudukan di Surakarta.
PG Pangka ini pernah kami bahas di Wisata Sejarah PG (Pabrik Gula) Pangka.

Sekarang hampir semua pabrik gula sudah tidak beroperasi lagi, terkecuali PG Pangka yang sampai sekarang masih beroperasi dengan baik. Untuk PG lainnya, rata-rata bangunanya sudah tidak ada lagi. Kalaupun ada, hanya tinggal sisa-sisa tembok yang sudah ditumbuhi rerumputan.
Untuk mencari literatur sejarah yang berhubungan dengan Pabrik Gula ini terbilang susah dikarenakan literatur yang ada masih berbahasa Belanda. Dan kebanyakan foto-foto yang ada memiliki hak cipta. Sehingga kami hanya bisa menampilkan link gambarnya saja. Jadi jika ada informasi yang salah, kami mohon maaf. Apabila ada tambahan informasi atau gambar lainnya, silahkan hubungi kami. Semoga bermanfaat. (http://infotegal.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar