Jumat, 05 Februari 2016

Dongeng populer berakar di masa ribuan tahun lalu


Beauty and the beastImage copyrightPA
Image captionPara peneliti menemukan dongeng Beauty and the Beast sudah berusia sekitar 4.000 tahun.
Dongeng-dongeng seperti Beauty and the Beast dapat ditelusuri kembali ke masa ribuan tahun yang lalu, menurut para peneliti di universitas di Durham dan Lisbon.
Dengan menggunakan teknik yang biasanya digunakan oleh para ahli biologi, sejumlah akademisi mempelajari hubungan antara cerita-cerita dari seluruh dunia dan menemukan beberapa diantaranya memiliki akar dari masa prasejarah.
Mereka menemukan sejumlah dongeng yang lebih tua usianya dari catatan sebelumnya, salah satunya jauh berakar di zaman perunggu.
Cerita-cerita itu sebelumnya diperkirakan berasal dari abad ke-16 dan ke-17.

Dongeng bersama

Pada abad ke-19, dua kakak beradir penulis dongeng, Grimm bersaudara meyakini banyak dongeng yang mereka populerkan berakar pada sejarah budaya bersama yang berasal dari masa kelahiran rumpun bahasa Indo-Eropa.
Para pemikir yang lebih kemudian menyangkal pandangan itu, dengan mengatakan bahwa beberapa cerita jauh lebih muda usianya dan menjadi tradisi lisan, dan pertama kali ditulis oleh sastrawan dari abad ke-16 dan ke-17.
Antropolog Durham University Dr Jamie Tehrani, yang bekerja bersama ahli cerita rakyat Sara Graca Da Silva, dari Universitas New Lisbon, mengatakan: "Kami bisa dengan tegas berdiri di pihak Wilhelm Grimm.
"Some of these stories go back much further than the earliest literary record and indeed further back than Classical mythology - some versions of these stories appear in Latin and Greek texts - but our findings suggest they are much older than that."
Brother GrimmImage copyrightPA
Image captionKalangan akademisi mengatakan, kisah The Brothers Grimm yang mereka populerkan sudah ada jauh sebelum kehadiran bahasa Yunani dan Latin.
"Banyak dari dongeng ini berasal dari masa yang lebih jauh dari catatan sastra paling awal dan lebih tua dibanding mitologi klasik - beberapa versi dongeng ini muncul di naskah-naskah Latin dan Yunani - tapi temuan kami menunjukkan dongeng-dongeng itu jauh lebih tua lagi umurnya."

'Luar biasa'

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science, menggunakan analisis filogenetik, yang dikembangkan untuk menelisik hubungan evolusi antar spesies.
Mereka juga menggunakan silsilah bahasa Indo-Eropa untuk menelusuri asal usul dongeng-dongeng yang dikisahkan tersebut, untuk menunjukkan seberapa jauh dongeng-dongeng itu bisa ditarik ke masa lampau.
Dr Tehrani mengatakan dongeng Jack dan Pohon Kacang berakar pada sekumpulan cerita diklasifikasikan sebagai Bocah Yang Mencuri Harta Karun Sang Raksasa, dan bisa ditelusuri kembali ke masa ketika bahasa Indo-Eropa Timur dan Barat terpisah lebih dari 5.000 tahun yang lalu.
Analisis menunjukkan bahwa dongeng Beauty and The Beast dan Rumpelstiltskinberusia sekitar 4.000 tahun.
Dan cerita rakyat yang berjudul The Smith and The Devil, berkisah tentang seorang pandai besi yang menjual jiwanya dalam perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kesaktian supranatural, diperkirakan bbisa ditarik 6.000 tahun ke zaman perunggu.
Dr Tehrani mengatakan: "Sungguh luar biasa bahwa cerita-cerita tersebut bertahan begitu rupa kendati tanpa dituliskan."
"Dongeng-dongeng itu kemungkinan sudah dikisahkan bahkan sebelum bahasa Inggris, Perancis dan Italia ada."
"Bisa jadi kisah-kisah itu didongengkan dalam bahasa Indo-Eropa yang sudah punah". (http://www.bbc.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar