Selasa, 23 Februari 2016

Unik, Dongeng di Kereta untuk Menghibur Penumpang


KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Kelompok Pencinta Bacaan Anak menghibur penumpang dengan mendongeng di perjalanan Kereta Api Taksaka Jurusan Stasiun Gambir (Jakarta) - Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (23/2/2016)
Perjalanan Kereta Api Taksaka Jurusan Stasiun Gambir (Jakarta) - Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (23/2/2016) siang kali ini terasa berbeda. Pasalnya, beberapa cerita dongeng dibawakan di dalam gerbong kereta oleh Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA) untuk menghibur penumpang kereta.

"Sebelumnya belum pernah dongeng di kereta. Idenya mau isi perjalanan dengan apa, kan perjalanan delapan jam," kata Wakil Ketua KPBA Tety Elida kepada KompasTravel di dalam KA Taksaka, Selasa (23/2/2016).

Ia menceritakan bahwa kegiatan ini kali pertama dilakukan oleh KPBA di dalam kereta. Tety mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk mendongeng di dalam kereta.

"Kita sudah punya beberapa cerita yang biasa dibawakan. Jadi cuma menyesuaikan saja sama kondisi kereta yang goyang-goyang," jelas perempuan yang berprofesi sebagai dosen itu.

Pantauan KompasTravel, kegiatan mendongeng dibawakan oleh tujuh orang anggota KPBA. Para pendongeng membawakan lima cerita yang berjudul "Katak dan Belalang", "Kancil dan Harimau", "Kancil dan Kura-kura", "Si Periang dan Pemurung", dan "Nyamuk Raksasa".

Beberapa penumpang terlihat menikmati kegiatan mendongeng di dalam gerbong. Mereka tampak terlihat tersenyum dan juga mencoba untuk mendongeng dengan bantuan alat peraga.

Salah satu penumpang kereta, Sugeng Riyadi (45) mengatakan, merasa terhibur dengan kehadiran kegiatan mendongeng di atas kereta. Ia mengaku baru kali pertama melihat kegiatan mendongeng di dalam kereta dan mencoba untuk bermain bersama.

"Saya mau coba mencoba alat peraga tali karena menarik. Nanti saya mau coba ke anak cucu. Lumayan bisa menghilangkan jenuh," jelas laki-laki yang berprofesi sebagai guru itu.

Penumpang anak-anak juga memperhatikan kegiatan mendongeng di atas kereta. Aisha (2) adalah salah satu anak yang melihat dongeng bersama ibunya, Nareswari Irma (31).

"Dongeng ini penting banget buat anak. Biasanya saya mengajari pola asuh Aisha dengan mendongeng. Di rumah juga melakukan dengan boneka tangan," jelasnya.

Komunitas Pencinta Buku Anak adalah suatu komunitas yang bergerak dalam dunia buku anak. KPBA memiliki misi untuk memajukan kualitas buku anak.(KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar