Minggu, 21 September 2014

Monumen Palagan Sambi


Kali ini saya akan mengajak anda keluar pulau Jawa dan kita akan pergi ke Kota Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Tempat yang akan saya kunjungi kali ini adalah Monumen Operasi Penerjunan Pertama Palagan Sambi. Lokasinya yang berada di pintu masuk Kota Pangkalan Bun dan bersebelahan dengan Bundaran Pancasila tidak salah jika perjalanan akan saya mulai dari sini.

Diambil dari situs resmi Dinas Pariwisata Kab.Kotawaringin Barat,” Monumen eks pesawat C4 Dakota RI-002 ditopang oleh sebuah tiang penyangga beton yang berdiri kokoh di atas pelataran seluas 120 m2(10 x 12 m), dibangun pada Tahun Anggaran 1998 dan diresmikan pada tanggal 18 Desember 1998 oleh staf TNI-AU Marsekal Muda TNI AU Hanafie Asnan.


Pesawat C4 Dakota RI-002 merupakan tugu peringatan penerjunan pertama pasukan AURI pada masa Revolusi melawan Belanda, dengan perjuangan melewati ribuan tentara NICA dan satuan buru sergap udara Belanda dan penerjunan ini dilakukan tepatnya pada 17 Oktober 1947 di Desa Sambi Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat dan setiap tanggal 17 Oktober diperingati sebagai hari KOPASSANDA Pasukan Payung yang diterjunkan sebanyak 13 orang, dimana sebagian besar direkrut dari putra asli Kalimantan bersama dengan pemuda asal Sulawesi dan Jawa dibawah komandan Mayor Tjilik Riwut untuk memerdekakan wilayah Kalimantan.

Adapun misi operasi Pasukan Payung TNI Angkatan Udara di Kalimantan adalah :
1.      Membawa alat pemancar radio lengkap dengan motor dan bahan bakar.
2.      Membangun pemancar induk hingga terselenggara hubungan Kalimantan-Sumatera-Jawa.
3.      Menghimpun dan mengkoordinir perlawanan setempat.
4.      Menyiapkan daerah droping.

Nilai sejarah yang melekat pada monumen ini adalah meningkatkan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Pangkalan Bun khususnya pada besarnya kontribusi Angkatan Udara Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda dari Bumi Pertiwi. Monumen ini juga meningkatkan pada cikal bakal lahirnya korps pasukan payung TNI Angkatan Udara Indonesia. Monumen eks Pesawat C4 Dakota RI-002 terletak dekatBundaran Tugu Pancasila di Kelurahan Madurejo kurang lebih 5 Km dari Pangkalan Bun dan menjadi monumen perjuangan di Pangkalan Bun, dimana Wilayah Pangkalan Bun merupakan tempat penerbangan dan pendaratan pesawat C4 Dakota RI-002, sedangkan lokasi penerjunannya di Desa Sambi Kecamatan Arut Utara yang dikenal dengan Monumen Tugu Palagan Sambi”.

Dibaian bekalang monument pesawat juga terdapat gambar memanjang yang menceritakan bagaimana dahulu perjuangan para penerjun TNI AU ini di Desa Sambi. Dan juga terdapat ukiran nama-nama penerjun yang berjuang pada waktu itu.













Untuk yang ingin berkunjung ke Monumen ini anda bisa datang di jam tertentu dimana pintu masuknya sudah dibuka. Datang pagi juga bisa namun tetap anda harus meminta izin terlebih dahulu dengan petugas yang berjaga di monumen ini. karena ini adalah tempat wisata sejarah maka kita harus bisa menjaga keersihan dan keindahan area monumen ini bersama dengan tidak membuang sampah sembaragan,mencoret-coret, dan kegiatan lainnya yang dapat merusak keindahan Area Monumen Operasi Penerjunan Pertama Palagan Sambi ini. (http://sahabatkurakura.blogspot.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar