Kamis, 26 Februari 2015

Pelabuhan Bakauheni




Hasil gambar untuk sejarah pelabuhan bakauheni
Bakauheni adalah sebuah pelabuhan penyeberangan yang terletak di Kecamatan Bakauheni , Kabupaten Lampung Selatan . Terletak di ujung selatan dari Jalan Raya Lintas Sumatera , pelabuhan Bakauheni menghubungkan Sumatera dengan Jawa via perhubungan laut. 
Ratusan trip feri penyeberangan dengan 24 buah kapal feri dari beberapa operator berlayar mengarungi Selat Sunda yang menghubungkan Bakauheni dengan Merak di Provinsi Banten , Pulau Jawa. Feri-feri penyeberangan ini terutama melayani jasa penyeberangan angkutan darat seperti bus-bus penumpang antar kota antar provinsi, truk-truk barang maupun mobil pribadi. Rata-rata durasi perjalanan yang diperlukan antara Bakauheni - Merak atau sebaliknya dengan feri ini adalah sekitar 2 jam.
Para pengguna tranportasi umum juga dapat menggunakan kapal kecil untuk mempercepat perjalanan. Waktu tempuh dengan kapal ini sekitar 1 jam. Namun, biaya yang dikeluarkan lebih mahal dan kapal hanya tersedia dari pagi hingga sore hari ketika ombak tidak besar.
Sejarah Pelabuhan Bakauheni
Tahun 1970, Departemen Perhubungan mulai membangun Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Sebagaipelabuhan bayangan sementara Pelabuhan Bakauheni dibangun, dioperasikan Pelabuhan Srengsem.Pelabuhan Bakauheni beroperasi tahun 1980 sebagai pelabuhan khusus ferry menjadi pasangan PelabuhanMerak Pelabuhan Merak di Banten dan Pelabuhan Bakauheni Lampung, masing masing memiliki wilayahbelakang. 
Karakteristik Jakarta dan Jawa Barat terlihat dalam aktifitas muat barang di Pelabuhan Merak,demikian pula halnya di Pelabuhan Bakauheni, dengan Palembang dan Bengkulu sebagai daerah belakangLampung (dulunya wilayah Sumatera Selatan). Dengan karakteristik yang berbeda tersebut dan dengananalisis ekonomi regional, terlihat adanya aktifitas saling memenuhi kebutuhan kedua wilayah. PelabuhanMerak dan Pelabuhan Bakauheni di Selat Sunda ke depan, berdasarkan latar belakang sejarah dan posisinyapada jalur pelayaran internasional, sangat mungkin untuk dikembangkan sebagai pelabuhan internasional. (www.pelaut.co.vu/2015/02/pelabuhan-bakauheni.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar