Rabu, 08 Oktober 2014

Pasar ikan Muara Angke

Weekend kemarin gak tau dapat wangsit ide darimana si Ayah tiba-tiba ngajakin kita jalan-jalan ke Muara Angke. Tadinya sempet juga gue ama anak-anak tercetus pikiran 'yaelah Muara Angke ... apa yang diliat ?' tapi sekian menit berikutnya manggut-manggut setuju juga ... lah daripada garing weekend dirumah, ya mending jalan aja ... kemana kek, sok lah! hehehe.


Sebenernya ini bukan 'tiba-tiba' yang perdana, karena sering banget ide 'tiba-tiba' si Ayah ini membawa kita berpetualang ketempat-tempat baru yang gue sendiri gak kepikiran bakalan mau ketempat-tempat itu ... misal ; ke Curug a.k.a ngeliat air terjun yang biasanya lokasinya di pelosok daerah pegunungan, kalo deket-deket Jakarta adanya di kawasan Puncak, Bogor atau Gunung Bunder, Tenjolaya Bogor ... misal : curug cilember atau curug nangka, terus lain waktu ke perhutani Gunung Bunder, Tenjolaya ... yang hanya duduk-duduk di tengah hutan pinusnya sambil menikmati jagung bakar, atau seringkali kita mblusukan ke jalan yang belum pernah kita lewati yang nembus-nembusnya ke daerah antah berantah ... begitulah si Ayah dengan ide-ide yang gak biasanya itu.

Tapi satu hal yang membuat gue dan si Ayah ini satu suara adalah, masa kecil anak-anak itu adalah masa yang paling berharga jadi sebaiknya lah kita memberi mereka pengalaman masa kecil yang menyenangkan, seru, berharga dan lain sebagainya kepada mereka sebanyak-banyaknya .. semampunya kita sebagai orangtua, karena the precious moment never back again in their life even thought our life also. Jadi gue seringnya ngalah dan memilih ikut dengan ide-idenya si Ayah tadi, karena biar bagaimanapun hidup ini harus seimbang jangan melulu anak diajak ketempat-tempat yang hits, sementara diluar itu masih banyak tempat-tempat indah, seru dan menyenangkan untuk mereka jelajahi yang sudah tentu lebih murah meriah. Bener ora son ?

Perjalanan menuju ke Muara Angke Alhamdulillah lancar jaya, padahal bertepatan dengan libur anak kelas 6 SD Ujian Nasional .. kirain bakalan macet karena banyak anak yang libur sekolah. Yang gak lancar itu malah dimana sebetulnya lokasi Pasar Ikan Muara Angke itu berada ... hahaha

Hadeh, katanya udah pernah jalan-jalan ke beberapa negara tapi kok ya di negara sendiri bisa nyasar ... hihihi. Bolak balik ngeliatin google maps tetep aja gak mudeng-mudeng. Malah kita sempet ke Pelabuhan Sunda Kelapa dan Muara Karang segala ... capedeeee!

Beberapa tahun yang lalu sih pernah kita main-main ke daerah Muara Angke ini, tapi waktu itu sama mama papa eikeh ... maklum ya bok, my papa hobi banget sama yang namanya mancing. Jadi dia banget yang antusias ngajakin kita mancing di pinggiran lautnya pelabuhan Sunda Kelapa, yang akhirnya ditutup dengan belanja di Pasar Ikan Muara Angke tsb.

Tapi dulu itu yang jadi Mr. guide ya my papa so si Ayah cuma jadi sopir penurut aja. Nah ceritanya kita kemarin pengen lagi balik ke tempat-tempat tsb tapi eyalah malah nyasar kemana-mana ... hahaha

Akhirnya selalu ada jalan buat yang gak gampang nyerah ... setelah memanfaatkan GPS alias Guide Penduduk Setempat a.k.a nanya-nanya sama satpam-satpam komplek yang banyak bertebaran disana, ketemu juga tuh Pasar Ikan Muara Angke ... yihaa! #sambil lap keringet

Begitu mobil kita memasuki kawasan Pasar Ikan Muara Angke, dan si Ayah sedikit membuka jendela mobil untuk melihat suasana sekitar pasar, apa yang terjadi sodara-sodara ? mendadak terdengar teriakan-teriakan kecil dari anak-anak dari tempat duduk belakang .... iiiyyuuuhhh! oh no! menjijikkan! plis deh! .... HAHAHAHA, tanya kenapa ? karena pas begitu jendela mobil dibuka seketika bau amis nan menyengat merengsek masuk ke dalam mobil kita ... gak heran anak-anak pada protes! ssttt, termasuk gue juga sih ... hihihihi

Sesampainya di tempat parkir, si Ayah dengan lantang menyuruh pasukan kecilnya untuk menyingsingkan lengan baju dan lengan celana agar pasar ikan yang saat itu abis ujyaann, becyeekk gak ada ojyeeekkk gak ngotorin celana-celana mereka. 

Seneng juga sih belanja aneka tangkapan laut disini .. jelas masih segar-segar, bau amisnya itu khas banget .. dan yang bikin senengnya lagi murce-murce ciiinnn ... alias murah-murah karena bisa di tawar. Kemarin gue beli udang ukuran sedeng Rp. 40.000,-/kilo, cumi ukuran sedang Rp. 30.000,-/kilo, ikan bawal Rp. 35.000,-/kilo gede-gede isi 5 ekor .. yang gue jamin kalo belinya di supermarket udah mendekati tus harganya, dan terakhir beli ikan kueh Rp. 35.000,- isi dan besarnya ikan sama seperti ikan bawal tadi. Puaaaassss!

Now, saatnya kita berpetualang di Pasar ikan, biarkan foto-foto dibawah ini yang bercerita ... 










(http://therizalifamily.blogspot.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar