Kamis, 20 November 2014

Sejarah Onthel di Indonesia


SIMPLEX DIPAKAI UNTUK PATROLI POLISI

Simplex utk patroli polisi
Sejarah munculnya pasukan keamanan (politie) diawali oleh pembentukan pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang-orang pribumi guna menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda pada waktu itu. Pada tahun 1867 sejumlah warga Eropa di Semarang, merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka. Dalam perkembanganya kepolisian modern Hindia Belanda dibentuk antara tahun 1897-1920 adalah merupakan cikal bakal dari terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini.
Wewenang operasional kepolisian ada pada residen yang dibantu asisten residen (rechts politie) yang bertanggungjawab pada procureur generaal (jaksa agung). Pada masa Hindia Belanda terdapat bermacam-macam bentuk kepolisian, seperti veld politie (polisi lapangan) , stands politie (polisi kota), cultur politie (polisi pertanian), bestuurs politie (polisi pamong praja), dan lain-lain.
Setelah adanya penggunaan sepeda oleh polisi, ada beberapa kesataun polisi bersepeda yang dibentuk. Kesatuan polisi bersepeda ini tugasnya adalah melakukan patroli dibeberapa kawasan yang dianggap rawan tindakan kriminal. Ada beberapa merek sepeda yang digunakan polisi Hindia Belanda untuk berpatroli, dan salah satunya sepeda Simplek.
Nah, foto Foto lama koleksi kitlv ini merupakan bukti bila sepeda Simplex digunakan oleh detasemen polisi lapangan (detachement veld politie). Polisi bersepeda ini sedang melakukan patroli di kawasan Sawah Lunto, Sumatra Barat pada 1932. Bila foto ini diperbesar, ternyata ada beberapa sepeda yang digunakan oleh kesatuan polisi jaman Belanda ini adalah Simplex.
Sebenarnya banyak merek sepeda yang digunakan oleh kesatuan-kesatuan bersenjata jaman Belanda. Sebut saja sepeda Brennabor buatan Jerman, juga Fongers dan Burgers buatan Belanda. Selain itu, juga ada sepeda merek Hima yang digunakan oleh polisi yang sering dikenal sebagai Hima Polisi. (Oldbike in Histrory, foto koleksi : kitlv)
Sumber : FB Oldbike in Histrory

FONGERS, SEPEDA RESMI TENTARA HINDIA BELANDA

Fonger utk tentara
Guna mempertahankan wilayah kekuasaannya kerajaan Belanda membangun kekuatan tentara di Hindia Belanda. Setelah perang jawa (Java Oorlog) selesai, pada 4 Desember 1830, Gubernur Jenderal Van den Bosch mengeluarkan keputusan yang dinamakan “Algemeene Orders voor het Nederlandsch-Oost-Indische leger”. Keputusan ini menetapkan pembentukan suatu organisasi ketentaraan yang baru untuk Hindia Belanda, yaitu Oost-Indische Leger (Tentara India Timur).
Di tahun 1836 atas saran dari Raja Willem I, tentara ini mendapat predikat “Koninklijk“. Ketika Hendrik Colijn yang pernah bertugas sebagai perwira di Oost-Indische Leger, menjadi Perdana Menteri, secara resmi tentara di India-Belanda dinamakan Koninklijk Nederlands-Indisch Leger, disingkat KNIL.
Istilah KNIL sebenarnya singkatan dari bahasa Belanda yaitu het Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger, atau secara harafiah: Tentara Kerajaan Hindia-Belanda. Meskipun KNIL melayani pemerintahan Hindia-Belanda, banyak di antara anggota-anggotanya yang adalah penduduk bumiputra di Hindia-Belanda dan orang-orang Indo-Belanda, bukan orang-orang Belanda.
Setelah adanya penggunaan sepeda oleh kalangan militer, tentara KNIL di Hindia Belanda pun dilengkapi sepeda untuk keperluan pasukan. Seperti kita ketahui, kerajaan Belanda menggunakan tiga merek sepeda bagi tentaranya yaitu Fongers, Burgers, dan Simplex. Sepeda untuk militer Belanda ini dikenal dengan istilah WF (Wielrijders Fietsen). Nah, apakah ketiga merek sepeda Belanda ini juga digunakan oleh tentara KNIL Hindia Belanda? Ternyata tidak. Berikut penjelasanya.
Koran De Sumatra Post terbitan 1907 mengulas tentang kelangkaan atau kurangnya pasokan sepeda untuk pasukan Belanda. Pasukan-pasukan bersepeda KNIL ini beroperasi di beberapa wilayah nusantara (archipel) seperti pulau Sumatra terutama daerah Medan, Aceh, dan Sumatra Barat. Selain itu, juga pulau Jawa. Tentunya dibutuhkan sepeda yang berkualitas baik dan sesuai dengan kondisi tanah atau medan di Hindia Belanda. Namun pemerintah Belanda kebingungan dan terjadi perdebatan para petinggi Belanda mengenai sepeda merek apa yang tepat digunakan oleh tentaranya di Hindia Belanda. Saking alotnya perdebatan para petinggi Belanda ini berakibat pasokan sepeda untuk militernya terhambat. Awalnya pemerintahan Hindia Belanda menunjuk sepeda bermerek Brennabor buatan Germany untuk digunakan oleh tentara Hindia Belanda.
Koran Het Nieuws Van Den Dag Voor Nederlandsch Indie terbitan 1909 menulis tentang sepeda Brennabor (Brennabor Rijwielen) yang digunakan oleh tentara Hindia Belanda. Berikut tulisan berita yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia
Sepeda Brennabor
Sebagai tanda terima kasih kami terima dari Brennabor sebenarnya untuk Brandenburg a / d Havel giel di dermaga sekitar 1907 daftar harga produk yang diproduksi oleh sepedanya.
Seperti diketahui, sepeda Brennabor digunakan di weilrijdersbrigade dari tentara India Belanda (Het Nieuws Van Den Dag Voor Nederlandsch Indie, 1907).
Setelah melalui perdebatan sengit dan pemeriksaan sepeda yang tepat, akhirnya pada 1909, secara resmi pemerintah kerajaan Belanda menunjuk produsen sepeda Fongers untuk membuat sepeda untuk digunakan tentara Hindia Belanda (Indische Leger).
Koran De Sumatra Post terbitan 1909 menulis berita tentang sepeda Fongers untuk tentara Hindia Belanda :
Sepeda Untuk Tentara Hindia Belanda
Fongers sepeda untuk militer India Belanda. Setelah berbagai keberatan dan diperiksa di Belanda (De Sumatra Post 1910).
Dipilihnya Fongers untuk militer di Hindia Belanda, menurut koran De Sumatra Post tersebut karena sepeda Fongers sesuai dengan kondisi jalan dan tanah, sehingga dibutuhkan sepeda yang mampu memenuhi tuntutan tinggi pasukan. Selain itu, sepeda Fongers telah memiliki reputasi bagus di kalangan orang-orang Hindia Belanda.
Ada beberapa tipe sepeda Fongers untuk militer ini sebut saja CCG, HZ yang dipakai waktu Perang Dunia 1 pada 1914. Fongers HZ militer ini bercirikan : rem depan sudah memakai tromol namun menggunakan tromol sebelah kanan, sedang rem belakang menggunakan torpedo. Ada juga tipe HF yang digunakan dekade 1930-an. (Oldbike In History, sumber : dari beragam sumber. Foto koleksi : fongers.net, pada foto adalah poster iklan sepeda Fongers tentara Hindia Belanda (Nederlandsch Indische leger)
Sumber : FB Oldbike in History

Sunbeam
Perusahaan Sunbeam didirikan oleh John Marston, di Ludlow, Inggris. Sejarah Sunbeam berawal ketika pada 1851, John Marston datang di Wolverhampton, Inggris. Ia magang kerja di perusahaan pengecoran timah milik Edward Perry, dan perusahan Jepang bernama Jeddo Works.
Setelah magang kerjanya berakhir pada 1859, John membeli perusahaan Jepang di Bilston dari seseorang bernama Daniel Lester. Setelah perusahaan yang dibelinya itu dikelola dengan baik, akhirnya berkembang pesat dan meraih sukses yang besar. Ketika Edward Perry meninggal dunia di tahun 1871, John membeli perusahaan Jeddo Works, dan kembali berbisnis di Wolverhampton. Semua jenis produk dalam negeri yang diproduksi oleh perusahaan ini menjadi salah satu dari dua pembuat enamel hitam (black enamelled ware) terbesar di Inggris
John merupakan seorang pengendara sepeda yang handal, ia tertarik untuk mencoba memperbaiki mesin. Di tahun 1887, John membuat sebuah sepeda yang tampilannya agak kasar dan berat yang dilengkapi ban padat. Pada saat itu, William Newill, seorang mandor perusahaan Jeddo Works, membuat sebuah mesin yang jauh lebih baik untuk John, dengan bingkai (frame) yang rendah karena John Marston memiliki kaki yang pendek. Sepeda (cycle) telah selesai dengan warna khas Jepang yaitu hitam dan emas. Produk sepeda ini memiliki kualitas tinggi seperti yang John inginkan.
Dikisahkan pula istri John, yang bernama Ellen suatu ketika melihat sinar matahari yang mengkilap di sebuah cermin. Akhirnya, John pun memutuskan memberi nama sepeda buatannya menjadi Sunbeam yang artinya sinar matahari yang mengkilap. Nama Sunbeam terdaftar pada 1888, John pun sangat senang dengan sepeda ini. Alhasil, John pun memutuskan untuk memproduksi sepeda Sunbeam ini, dan menggandeng William Newill sebagai mitra usahanya.
Sepeda Sunbeam pertama kali dipamerkan di Stanley Show, London selama Februari 1889. Sebanyak 13 sepeda dan sepeda roda tiga (tricycles) yang dipajang di stand perusahaan, termasuk sepeda roda tiga untuk wanita dan sepeda keselamatan (safety bicycle). Selain itu, juga dipatenkan oleh Sunbeam, yaitu sebuah engkol braket (crank bracket) eksentrik untuk disesuaikan dengan rantai sepeda.
Pada pameran lain yang akan segera menjadi fitur yang menonjol dari semua mesin Sunbeam adalah ketika seorang bernama J. Harrison Carter menemukan minyak pelumas untuk rantai yang tertutup ketat sebagai penutup gigi. Casing penutup ini berguna untuk meneteskan minyak pelumas rantai untuk mengurangi keausan, tetap bersih dan perbaikan transmisi listrik. Hal ini diadopsi oleh Sunbeam di tahun 1897, selanjutnya menjadi dikenal keseluruh dunia sebagai ‘The Little Oil Bath’.
Pada Mei 1889, perusahaan Sunbeam membuka showroom di London, dan depot di 38 Viaduct Holborn. Kemudian Sunbeam pindah ke tempat yang lebih besar yaitu di 51 Holborn Viaduct. Sunbeam merekrut seorang pembalap sepeda terkenal bernama William Travers, sebagai Agen Sunbeam di London. Disamping itu, pembalap sepeda terkenal ini ditunjuk sebagai konsultan dalam desain sepeda Sunbeam dimasa depan. Seorang pembalap sepeda lain dengan nama A. Gilbert, ditunjuk menjadi mandor toko untuk menyelesaikan toko sepeda Sunbeam.
Berikut ini adalah deskripsi singkat dari “Sepeda & Sepeda Roda Tiga di Tahun 1889″ oleh Harry Hewitt Griffin :
“The Sunbeam Dwarf Safety Roadster. John Marston, Paul Street Works, Wolverhampton.
John Marston mematenkan penyesuaian rantai eksentrik Sunbeam yang merupakan fitur terkemuka dari kelompok mesin Sunbeam. Fitur ini mengambil bentuk braket poros, batang atas yang dipatri ke kaki pilar pengaman.
Sunbeam memperkenalkan sepeda Sunbeam Dwarf Safety Semi-Racer. Garis kerangka Sunbeam Safety semi-racer ini sangat mirip dengan sepeda Demon Racer. Harga sepeda ini £ 18.10s . Sunbeam pun memperkenalkan sepeda roda tiga untuk wanita. Sebuah sepeda yang ringan dan cantik dengan harga £ 24. Ada juga Sunbeam roda tiga yang kuat dengan harga yang sama untuk pria.
Di tahun 1890, Sunbeam memamerkan beberapa sepeda model baru yang menarik di Stanley Show. Sepeda balap ringan beratnya hanya £ 16, dan Light Roadster seberat £ 29. Pada 1893, Sunbeam meluncurkan gear Sunbeam-Carter setelah memperoleh lisensi manufaktur dari Harrison Carter.
Di tahun 1895, bisnis didirikan berdasarkan Companies Act sebagai John Marston Limited. Pada tahun berikutnya ada tiga depot dibuka. Satu di 157 Sloane Street, London, yang kedua di 168 Deansgate, Manchester, dan yang ketiga di 37 George Street, Edinburgh. Pada 1896 merupakan era untuk melihat dan pengenalan berbagai model baru sepeda. Satu-satunya yang selamat dari tahun sebelumnya adalah sepeda Sunbeam VR831 Ladies, yang sekarang disebut 853.
Di tahun 1896, The Royal Sunbeam diperkenalkan dengan beberapa warna yaitu hitam, zaitun hijau, ceri gelap atau gelap biru tua. Katalog Sunbeam 1896 ada empat model sepeda wanita, yaitu 853, 854, 856 dan sepeda wanita Touring Sunbeam. Di tahun 1896, John Marston mematenkan metode pengisian dan pengosongan gear tanpa menumpahkan minyak.
Depot kedua, di Sloane Street, dibuka pada tahun 1897, dan tube turun pada sepeda 853 & 854 digantikan oleh tube melengkung yang dikenal sebagai frame sepeda loop, yang tetap populer selama bertahun-tahun. Kursi pilar baru dipasang ke Royal Sunbeam yang memungkinkan pengendara lebih nyaman. Selama tahun 1897, gear sepeda Sunbeam diiklankan sebagai ‘The Little Oil Bath’ dan label paten Carter ditempatkan pada bagian dalam case gear ini.
Penjualan Sunbeam meroket pada 1898, sehingga ada kebutuhan mendesak untuk melakukan ekspansi, khususnya dalam pembuatan komponen seperti pedal.
The Scorching Sunbeam muncul pada 1899. Sepeda ini tanpa rem, mudguards, atau gear khusus. Pengenalan penting di tahun 1900 adalah jenis freewheel dengan bantalan (bearings) yang terus dilumasi oleh minyak menetes dari case gear dan percikan naik dari rantai. Pengenalan freewheel ini berarti bahwa pengereman lebih efektif diperlukan, jadi dua rem diperkenalkan, batang dioperasikan rim depan dan pedal dioperasikan (mengayuh balik).
Di tahun 1901 diperlihatkan tampilan Trailer Sepeda yang dipatenkan Oleh J. Marston & J. Herbert. Pada 1902 “Featherwieght, Ladies Sunbeam” (desain HRH) adalah sepeda pertama Sunbeam yang dilengkapi dengan roman rims sebagai standar sepeda. Standar ini ditemukan oleh Dr. R.I. Roman dari perusahaan Cycle Roman & Co, Lombard Street, London pada 1897, dan bersama veleg terbuat dari paduan aluminium yang disebut romanium.
Penjualan sepeda Sunbeam terus meningkat pada 1903, lebih dari 1000 unit sepeda Royal Sunbeam terjual. Salah satu pembelinya adalah orang bernama Sir Edward Elgar yang membeli dua sepeda Royal Sunbeam dengan frame setinggi 28 inch. Di tahun yang sama diperkenalkan dua kecepatan gigi epicyclic, yang dipasang dalam rantai roda depan dan sepenuhnya tertutup dan dilumasi dalam gear khusus. Piranti ini dioperasikan oleh tuas jempol untuk memberikan 25 persen peningkatan di atas kecepatan normal, kemudian meningkat menjadi 30 persen. Ini menjadi gigi epicyclic terbaik untuk diproduksi dan jauh lebih baik ketimbang gigi setara yang dipasang oleh pesaing Sunbeam.
Satu-satunya kelemahan yang disebabkan oleh fitting ‘The Little Oil Bath ‘ adalah kesulitan mengeluarkan inner tube di roda belakang. Tusukan bisa sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, Sunbeam memperoleh hak eksklusif untuk menggunakan sistem removal ban dari profesor Sharps. Sistem baru ini digunakan pada sepeda Sunbeam buatan 1905.
Harga sepeda Sunbeam beberapa kali lebih mahal daripada beberapa sepeda kompetitornya. Guna penjualan yang aman, di tahun 1907 Sunbeam meluncurkan model Golden Sunbeam seharga £ 17 dan £ 25. Golden Sunbeam ini terkenal karena terdapat lapisan emas asli. Pun, selama 1907 Sunbeam memperoleh paten untuk sistem retensi minyak yang lebih baik untuk ‘Little Oil Bath’ dan tiga hub kecepatan yang diperkenalkan oleh William Newill.
Pada 1908 melihat peluncuran kampanye penjualan yang ditujukan untuk dealer. Sebuah buklet halaman 72 dikeluarkan untuk semua agen, yang disebut “Bantuan untuk menjual Siklus Sunbeam”. Ditekankan bahwa Sunbeams merupakan sepeda yang top di akhir pasar. Di tahun yang sama, sepeda model murah yaitu Special Sunbeam diperkenalkan. Sepeda ini tak dilengkapi case gear, tapi menggunakan d Villiers dengan dua kecepatan gigi hub.
Pada 1909, peleg aluminium roman dipasang untuk semua model Sunbeam dan All Black Sunbeam yang diperkenalkan pada musim gugur. Tahun berikutnya, semua model sepeda Sunbeam dilengkapi dengan case gear tanpa offside rantai tetap, yang diganti dengan replaced yang disolder ke bagian dalam case gear. Di tahun yang sama sepeda model Special Sunbeam dihentikan produksinya.
Ketika pecah perang dunia pertama, Sunbeam dan produsen sepeda lainnya diperintah oleh pemerintah kerajaan Inggris untuk membuat sepeda khusus militer. Sunbeam pun membuat sepeda Sunbeam Militer dalam jumlah besar yang dijual ke pemerintah Perancis. Namun dijual dalam jumlah yang lebih kecil di Inggris. Sunbeam standar militer tidak memiliki minyak pelumas rantai, warna cat sepeda hijau dan dilengkapi dengan bagasi pembawa yang ada di depan. Ekstra senapan laras panjang.
Setelah kematian John Marston di tahun 1918, perusahaan Sunbeam ini diakuisisi oleh produsen senjata yang bergabung menjadi Nobel Industries Ltd. Produksi Sepeda dilanjutkan sebanyak produk sebelumnya dengan model sama dan standar yang tinggi. Di tahun 1921 Golden Sunbeam dijual seharga £ 23 dan Royal Sunbeam dijual dengan harga £ 21. Sepeda Special Sunbeam Light Roadster diperkenalkan pada 1923 yang dijual dengan harga £ 19.18s.
Juga versi stang tetap dengan ibu jari tuas rem yang tersedia untuk £ 17.17s dan versi setir gratis dengan dua rim rem, biaya £ 18.18s. Selama beberapa tahun ke depan ada penurunan harga terlihat pada 1926 sepeda New Low – built Sunbeam diperkenalkan dengan roda 26 inci dan braket 11 inch. Pada tahun yang sama melihat pengenalan kopling turun dari Sunbeam.
Banyak perubahan terjadi pada akhir 1927 ketika Nobel Industries bergabung dengan beberapa perusahaan kimia lainnya untuk membentuk Imperial Chemical Industries. Produksi sepeda dilanjutkan di Wolverhampton tetapi mengalami kesulitan untuk menjual sepeda-sepeda berkualitas mahal dalam menghadapi persaingan ketat dari produsen sepeda lainnya.
Tahun 1928 ada banyak klub bersepeda antusias terhadap sepeda Sunbeam. Produsen Sunbeam pun memperkenalkan sepeda model RR Sporting Sunbeam. Pada 1930 Royal Sunbeam dijual seharga 12 guinea dan Golden Sunbeam dijual seharga 16 guinea. Penurunan harga pada tahun berikutnya membawa harga Royal Sunbeam turun ke 10 guinea.
Di tahun 1935 ICI memutuskan untuk menutup produksi sepeda dan fokus pada bisnis sepeda motor. Pada 1937, sepeda dan bisnis sepeda motor Sunbeam dibeli oleh Associated motorcycles dan memindahkan pabriknya di Plumstead, London Utara. Beruntung bagi tenaga kerja ICI yang tetap dipertahankan bekerja dan berkonsentrasi pada produksi radiator mobil. Demikianlah sejarah sepeda Sunbeam yang fenomenal itu. Harganya yang terbilang mahal membuat Sunbeam kalah bersaing dengan sepeda merek lainnya. Namun sejarah mencatat bila sepeda Sunbeam adalah The Special One dari Inggris. (OLdbike In History, Sumber : historywebsite.co.uk. Foto koleksi : oldbike.eu, pada foto tampak sepeda model The New Low – Built Golden Sunbeam buatan 1926)
Sumber : FB Oldbike in History

Tidak ada komentar:

Posting Komentar