Minggu, 19 Juni 2016

Asal Usul Bir Pletok

Asal Usul Bir Pletok

Bir yang satu ini bukanlah minuman yang memabukan tapi ini adalah Bir pletok minuman khas Betawi yang bisa berguna untuk kesehatan. adakah yang tahu asal usul minuman ini kenapa namanya menjadi Bir Pletok padahal minuman bir berasal dari eropa dan mengandung alkohol? mari kita bahas.
Sejarah tentang asal nama bir pletok berawal dari jaman penjajahan Belanda. saat itu ada beberapa kalangan masyarakat lokal sudah membaur dengan bangsa Belanda, saat ada perayaan atau pesta biasanya mereka diundang untuk minum bir bersama orang Belanda.Tetapi mayoritas etnis betawi adalah beragama islam sehingga minuman beralkohol sangat diharamkan.
Pada waktu itu masyarakat betawi sering membuat minuman dengan bahan-bahan yang  terdiri dari campuran beberapa rempah-rempah, seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai. bisa dibilang seperti wedang jahe minum khas etnis jawa. ketika bangsa Belanda merasakan mimunan tersebut akhirnya mereka memanggil minuman tersebut dengan sebutan beer.
Pada saat itu masyarakat Betawi memanggil dengan Bir atau Bir Pletok, minuman kesehatan yang berasal dari rempah-rempah alami dan tidak memabukan seperti minuman Bir bangsa belanda.  sampai saat ini bir pletok menjadi minuman tradisional khas masyarakat Betawi. (http://www.ayobekasi.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar