Sabtu, 04 Februari 2017

Sejarah Mitsubishi Colt T, legenda angkutan niaga indonesia


1026231_10151624362960822_559165394_o

Colt Kampus UGM
Dari dulu Mitsubishi sangat piawai menelurkan angkutan niaga yang sangat legendaris, sebut saja Colt Diesel si kepala kuning, Mitsubishi L300, dan tentunya Mitsubishi Colt T, mitsubishi colt t sangat legendaris sebagai angkutan niaga di pedesaan dan perkotaan, dikenal sangat bandel dan kuat, awb masih ingat zaman dahulu sering bawa panen jagung sampe penuh di bak belakang, dibuat nanjak nanjak masih kuat edyaan tenan ðŸ˜ˆ .
Mitsubishi Colt Pick Up masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1970  Diimpor oleh distributor tunggal Mitsubishi yaitu PT. New Marwa pada tahun 1970 (tahun 1973 berganti nama menjadi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors). versi pertama yang masuk adalah versi Colt T 100 yang menggunakan mesin seri KE44, dengan kapasitas 1,1L. Mesin ini sanggup memberikan daya 58 PS (43 kW; 57 hp). Daya angkut maksimum mobil ini hanya 600 kg (1,323 lb), dan kecepatan tertinggi yang dapat dicapai adalah 115 km/h (71 mph), ciri utama mobil ini adalah dua lampu bundar di depan.
Pada tahun 1975, diperkenalkan generasi selanjutnya dari Colt T100 yaitu Colt T120 dengan mesin seri neptune, ciri cirinya dalah lampu depan yang berubah menjadi 4 buah dengan posisi yang lebih bawah, mesin seri neptune sendiri berkapasitas 1400cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 84 hp,

Di Indonesia Colt T terdri dari berbagai versi yaitu versi Pick Up, dan versi minibus, ato lebih dikenal dengan stesen, krakap, box bahkan double cabin. Untuk versi Minibus ada banyak kaoseri yang memproduksi, sebut saja Adiputro, Morodadi, New Armada, Langgeng, Podojoyo, dan lain lain, secara tidak langsung Colt T berjasa pada industri karoseri Indonesia, karena banyak karoseri sekarang pada awalnya bermula dari karoseri Colt T pick Up menjadi minibus.
Di Yogya, kol mempunyai sejarah tersendiri karena pernah mempunyai nama harum di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa UGM. Saat itu di akhir 70-an atau awal 80an, moda angkutan umum bermotor dalam kota belum ada kecuali becak dan andong, sementara kendaraan pribadi roda dua atau empat masih relatif terbatas, khususnya di kalangan mahasiswa. Kendaraan di kalangan pelajar dan mahasiswa masih didominasi sepeda onthel.
Seiring dengan muncul dan demikian ngetrennya kendaraan komersial Mitsubishi colt, beberapa orang berinisiatif mengoperasikan kendaraan miliknya yang telah dimodifikasi menjadi pickup dengan bak belakang tertutup terpal dengan tempat duduk berbentuk bangku panjang. Bidikan pertama adalah ke jurusan kampus, yang tidak lain adalah kampus Universitas Gadjah Mada di Bulaksumur. Angkutan ini dalam waktu singkat menjadi andalan dan idola para mahasiswa UGM karena mereka menelusuri jalan-jalan di lingkungan kampus sampai ke fakultas-fakultas. Dan sinilah yang kemudian moda angkutan umum ini populer dijuluki kol kampus,
Pada tahun 1990an mitsubishi kemudian mengeluarkan colt t 120 ss, yang lebih modern dan nyaman, dan tentu sja khas dengan warna putihnya ðŸ˜€ , meskipun begitu colt t 120 sampe sekarang masih eksis dimana mana terutama sebagai angkutan bahan bangunan dan untuk angkutan pasar di pedesaan.
sumber : ColtT120lovers.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar