Sabtu, 30 Agustus 2014

Mengenai Toga

Bismillah, apa kabar anda semua? Semoga selalu dalam kesehatan dan lindungan Allah Subhaahu Wa Ta’ala, amin.

Beberapa hari ke depan tepatnya pada tanggal 15 Desember 2012, STMIK dan POLTEK PalComTech akan mengadakan acara wisuda mahasiswa/i dari berbagai Program Studi. Pada acara tersebut, lulusan wajib menggunakan pakaian toga. Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui makna dari menggunakan toga, tetapi bagi yang belum mengetahuinya anda boleh simak artikel berikut :
1. Definisi Toga
Dulunya Toga adalah pakaian ala Romawi kuno, yang tersusun dari sehelai kain sepanjang kira-kira enam meter (20 kaki). Dan dililitkan ke sekeliling tubuh, pada umumnya dikenakan setelah mengenakan tunik (dalam bahasa Inggris : tunic yang artinya adalah pakaian longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung). Toga terbuat dari wol dan tunik kerap terbuat dari linen. Setelah abad ke-2 SM, toga menjadi busana khusus pria, dan hanya warga negara Romawi yang diizinkan mengenakannya. Karena menjadi busana khusus pria, maka kaum wanita mengenakan stola.
2. Sejarah Mengenai Toga
Toga berasal dari tego, yg dalam bahasa Latin berarti penutup. Meski sering dikaitkan dengan bangsa Romawi kuno, toga sebenarnya merupakan pakaian yg sering dikenakan bangsa Etruskan (pribumi Italia) sejak 1.200 SM. Kala itu, bentuk toga belum berupa jubah, tapi hanya kain sepanjang 6 meter yg dililitkan ke tubuh. Meskipun dipandang menyulitkan, toga merupakan satu-satunya pakaian yg dianggap pantas saat seseorang berada diluar ruangan pada saat itu.
Seiring berjalannya waktu penggunaan toga untuk busana sehari-hari mulai ditingalkan, bukan berarti tidak lagi digunakan. Tetapi toga lebih banyak digunakan pada berbagai acara seremonial, misalnya saja pada acara wisuda. 
3. Filosofi Hitam
Kenapa pakaian toga berwarna hitam ya?? Padahal kan hitam identik dengan kegelapan dan misterius. Oleh karena itu, para sarjana harus mengalahkannya, dengan memakai warna hitam diharapkan para sarjana dapat menyibak misteri kegelapan menggunakan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama ini. Selain sarjana, para hakim dan beberapa pemuka agama pun menggunakan warna hitam sebagai jubahnya.
4. Arti Pada Topi Toga
Selanjutnya apa makna bentuk persegi pada topi toga? Bentuk persegi tersebut menandakan agar kita dapat memandang berbagai hal dalam berbagai sudut pandang. Jadilah sarjana yang tidak berpikiran sempit ya :)
4. Filosofi Kuncir
Pada waktu Technical meeting kemarin, mungkin kalian ada yang bertanya tanya kenapa tali kuncir harus diletakkan disebelah kiri ya? apa ada filosofi mengenai hal tersebut ? Teryata pemakaian tali kuncir di sebelah kiri sebelum dipindahkan ke sebelah kanan bermakna agar para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri setelah menyelesaikan studinya namun juga memanfaatkan otak kanannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan kreatifitas, imajinasi dan inovasi.
Filosofi lainnya, kuncir tali di topi toga melambangkan tali pita pembatas buku. Dengan berpindahnya tali kuncir diharapkan agar para wisudawan selalu membuka lembaran-lembaran buku sehingga ilmunya tidak hanya tetap. Jangan karena sudah wisuda kalian tutup infomasi mengenai pengetahuan yang lainnya :).
Selamat buat para wisudawan, terus kembangkan ilmu yang anda miliki. Semoga Bermanfaat :)
Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
(http://news.palcomtech.com/2012/12/sekilas-mengenai-toga/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar