Senin, 08 Desember 2014

Senjata adat Papua

Salam Takzim Sahabat dan pembaca batavusqu yang berbudaya
Lewat komentar sahabat dalam postingan senjata suku Jambi, memang hampir semua suku yang ada di Indonesia mempunyai jenis senjata yang mirip, namun memilki keunikan pada bentuk yang tajam dan bentuk warangka atau gagangnya, seperti halnya di papua, yang memiliki senjata berupa tombak untuk berburu walau bentuknya sama dengan tombak namun oleh masyarakat Papua lebih dikenal dengan nama lembing.Selain lembing suku Papua dalam, selalu menyelipkan belati yang diikatkan di betis atau di gantung dipinggangnya. Belati ini bentuknya hampir sama dengan badik, pisau dan atau mandau hanya bentuknya lebih kecil dan terbuat dari baja keras dengan ketebalan hampir mencapai 4mm. Sehingga seorang suku Papua akan lebih aman jika berada di hutan bila membawa belati dan lembing. secara pembuatan belati yang paling istimewa di Papua adalah yang terbuat dari sekang tulang kaki burung kasuari dan bulunya menghiasi hulu Belati tersebut.
Salah satu senjata tradisional di Papua yang cukup terkenal dan menjadi senjata utama adalah adalah Busur dan Panah.  Busur tersebut  terbuat dari sekang bambu atau kayu, sedangkan tali Busurnya terbuat dari sekang rotan. Anak panahnya terbuat dari sekang bambu, kayu atau tulang kangguru. Busur dan panah dipakai untuk berburu atau berperang. Selain ketiga senjata di atas tameng juga merupakan alat adat yang dipergunakan untuk pertahanan perang. Konsep tameng ini selanjutnya dipergunakan untuk aparat kita.
Nah berikut aqu lampirkan senjata  adat yang hingga kini tetap dipergunakan oleh masyarakat Papua, semoga berkenan (http://zipoer7.wordpress.com)
Gambar diambil dari google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar