Minggu, 04 Januari 2015

Goa Selarong, Tempat Bersejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro

Goa Selarong, Tempat Bersejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro. Goa Selarong terletak di dusun Kembang Putihan desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Goa ini merupakan bagian dari sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro. Goa ini dahulunya digunakan sebagai tempat sementara dalam menyusun segala strategi setalah kediaman Pangeran Diponegoro di serang dan dibakar oleh Belanda.

Untuk menuju ke Goa Selarong anda bisa melalui beberapa jalur, bisa dari Desa Wisata Kasongan mengikuti jalan utama sampai perempatan Gowosari terus belok kiri. Bisa juga melalui Jalan Bantul Diro ke barat / kanan terus sampai di Goa Selarong, bisa juga dari pusat Kota Bantul kearah barat.

Sejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong dimulai dari pelarian Pangeran Diponegoro karena diserang Belanda. Karena kalah dalam hal persenjataan dan pasukan, karena dari Goa Selarong ini strategi perang gerilya di rencanakan. Sebagaimana kita ketahui Perang Diponegoro berlangsung dari Tahun 1825 sampai 1830 sebelum akhirnya Pangeran Diponegoro ditangkap oleh Belanda pada saat perundingan hasil tipu muslihat Belanda dan diasingkan di Makasar sampai wafat.

Letak Goa selarong berada dalam deretan pegunungan kapur yang ditumbuhi pohon rindang, ketika kita masuk area akan disambut dengan Patung Pangeran Diponegoro yang menaiki kuda dan juga peta lokasi wisata ini. Untuk masuk ke Goa, kita harus menaiki tangga. Sampai diatas akan terlihat 2 buah gua. Gua yang pertama berada disebelah timur, yang dinamakan Goa putri, dahulu tempat ini menjadi tempat Raden Ayu Ratnaningsih, tidak lain isteri Pangeran Diponegoro dan para pengiringnya. Goa sebelah Barat dinamakan gua kakung karena digunkanan oleh Pangeran Diponegoro sendiri. Masing masing gua memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter untuk lebar gua kakaung sekitar 2 meter sdangkan gua putri yakni sekitar 3 m.

Untuk anda yang suka bersepeda tempat ini banyak menjadi tujuan lokasi bersepeda karena lokasinya yang cukup menantang ada tanjakan dan turunan yang membuat adrenalin kita naik. Disamping pemandangan pegunungan kapur yang indah, udara di areal ini masih sejuk. (http://bantulmedia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar