Jumat, 02 Januari 2015

Pos Ronda Paling Indonesia

Indonesia negeriku tercinta. Negeri yang punya banyak keistimewaan dibanding negeri-negeri lain di dunia, salah satu keistimewaan itu adalah adanya Pos Ronda. Hampir di seluruh kampung di Indonesia bahkan di RT RT terdapat pos ronda atau yang akrab di sebut gardu. Kebanyakan pos ronda dibangun secara gotong royong dengan dana patungan warga, bentuknya juga beragam terkadang disesuaikan dengan adat istiadat setempat, atau sesuai dengan desain yang disepakati bersama. Konon sejarah keberadaan pos ronda/gardu sudah ada sejak jaman kolonial. Kala itu fungsi pos ronda serupa dengan menara pengintai yang merupakan perpanjangan tangan para penjajah dan biasanya dibangun di tempat tertentu untuk memantau atau mengawasi gerak-gerik pribumi. Ketika kemerdekaan berhasil diraih, fungsi pos ronda digunakan oleh pribumi sebagai tempat memantau aktivitas penjajah yang ingin kembali berkuasa, selain itu digunakan sebagai tempat konsolidasi dalam menjaga keamanan.
Ketika masa Soeharto berkuasa fungsi gardu digunakan sebagai wadah berkumpul bapak-bapak yang didesain sederhana dan marakyat, namun oleh Soeharto fungsinya disalahgunakan, secara sengaja rakyat dimanfa’atkan untuk membentuk pertahanan semesta lewat kegiatan siskamling (sistem keamanan lingkungan) dengan tujuan mengawasi gerak-gerik pihak-pihak yang mengancam kekuasaan orde baru. Ketika orde baru lengser, pos-pos baru bermunculan, pos-pos itu dinisbatkan sebagai kandang banteng sebagai simbolisasi kekuasaan parpol tertentu di wilayah itu.
Seiring bergilirnya waktu fungsi Pos Ronda tak lagi melulu sekedar mengurusi masalah keamanan, kini fungsinya diragamkan, tak jarang selain sebagai tempat mangkal bapak-bapak yang melakukan ronda untuk menjaga keamanan lingkungan, pos ronda juga dijadikan tempat ngumpul para remaja dan anak-anak baik sekedar bertukar informasi, ngerumpi, main domino bahkan sekedar untuk nonton TV karna sebagian pos ronda saat ini telah dilengkapi sarana televisi. Disisi lain seringkali pengumuman atau himbauan yang ditujukan kepada warga juga ditempel di pos ronda, malahan ditiap pos ronda juga diletakkan pentungan yang diberbagai tempat dibuat dari bahan berbeda-beda ada yang menggunakan bambu, kayu, besi, dan lainnya. Fungsinya untuk memberitahukan warga terkait hal-hal penting dan darurat seperti adanya maling, kebakaran, terjadinya gempa, dll. Dan tak lupa juga setiap ada perlombaan penilaian RT atau kampung, maka Pos Ronda tak ketinggalan untuk dinilai. Sehingga untuk mempercantiknya tak jarang oleh warga Pos Ronda dibingkai dengan ragam asesoris yang menarik dengan menggunakan warna-warna yang meriah. Semoga keberadaan Pos Ronda tetap dijaga, dilestarikan dan dioptimalkan fungsinya, karna pos ronda merupakan salah satu keistimewaan negeri ini yang paling Indonesia, yang layak menjadi kebanggaan kita bersama. (http://unik.kompasiana.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar