Jumat, 02 Januari 2015

Sejarah Pos Ronda

4
Untuk menunjang keamanan hingga ke tingkat lingkungan masayarakat sipil atau perumahan maka diperlukan system keamanan lingkungan atau siskamling. Tidak bisa diupungkiri siskamling merupakan unsure terpenting untuk menjaga keamanan di lingkungan kita. Dengan adanya siskamling kita bisa tidur nyeyak di malam hari, dan merasa tenang saat beraktifitas di luar rumah pada siang hari.
Untuk menunjang kerja siskamling, maka dibutuhkan pos yang menjadi tempat singgah atau tempat para petugas penjaga lingkungan beroperasi. Pos tersebut kita kenal kemudian dengan pos ronda, di mana hampir di setiap lingkungan tingkat RT atau RW memilikinya.
Banyak orang yang mengetahui pso ronda dan tugas serta fungsi siskamling, tapi tahukan anda sejarah pos ronda atau siskamling tersebut? Berikut ini kita akan mengulas tentang sejarah pos ronda dan siskamling.
Pos ronda merupakan pos-pos penjaga pada masa penjajahan Belanda. Pada saat itu pos ronda berfungsi sebagai perpanjangan tangan penjajah untuk mengetahui serta pencegah bagi masyarakat pribumi untuk melakukan pemberontakan. Hingga jaman penjajahan Jepang, pos-pos tersebut juga masih dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut.
Hingga pada masa Indonesia merdeka, akhirnya pos-pos tersebut diambil alihb oleh masyarakat pribumi. Semenjak itu pos tersebut beralih fungsi menjadi tempat pengawasan aktifitas para penjajah. Kemudian pada masa Presiden Soeharto berkuasa, pos-pos atau yang biasa disebut gardu pada masa itu menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk mengukuhkan bentuk militer. Hingga sekarang kita kenaln kemudia dengan Siskamling.
Itulah sedikit ulasan sejarah tentang pos ronda maupun siskamling yang juga merupakan peninggalan para penjajah hingga saat ini menjadi hak milik bangsa Indonesia. (https://elvinaaayanti.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar