Rabu, 20 Januari 2016

Keindahan Kastil yang Menginspirasi Dongeng Putri Tidur


Château d'Ussé adalah sebuah benteng abad ke-15 di Perancis.

Indahnya Kastil yang Menginspirasi Dongeng Putri Tidur
Kastil Château d'Ussé di Perancis (Smithsonian)
Bagi Anda yang senang dengan cerita dongeng Putri Tidur atau Sleeping Beauty, wajib datang ke kastil Château d'Ussé di Perancis.

Dikutip dari Amusing Planet, Château d'Ussé adalah sebuah benteng abad ke-15 yang terletak di tepi hutan Chinon dan menghadap ke Sungai Indre, Perancis.

Kastil ini dibangun sejak abad ke-11 sebagai benteng. Tetapi dari waktu ke waktu berkembang menjadi sebuah rumah hunian yang sangat indah, dengan gaya arsitektur renaisans.

Kastil ini telah didatangi oleh sejumlah tamu-tamu terkenal, seperti Voltaire, Chateaubriand dan Charles Perrault, penulis Perancis yang menciptakan dongeng modern. Benteng ini telah menginspirasi Perrault untuk menulis dongeng Sleeping Beauty.

Kastil ini dibangun dari batu dan kayu oleh prajurit Viking sekitar 1.000 tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, kastil kehilangan fungsi militer dan menjadi tempat tinggal yang elegan.

Keluarga Espinay membeli kastil ini pada abad ke-15 dan melakukan renovasi bergaya renaisans Italia. Kastil ini tetap menjadi rumah mereka selama dua abad. Tapi pada abad ke-17, Château menjadi milik Louis Bernin de Valentinay, yang dimodernisasi dan dihias menjadi tempat tinggal.

Sebuah taman seluas 600 hektare (ha) dibangun untuk menghias kastil. Taman tersebut dirancang oleh arsitek lanskap terkenal Versailles, Le Nôtre.

Kini, Chateau dimiliki oleh keluarga d'Aulps Blacas, keturunan Duchess Duras Douairière yang membeli kastil pada tahun 1802. Bagian dalam Chateau mayoritas dilengkapi dengan permadani dan perabotan abad ke-18.

Selama dua dekade sekarang, di dalam Chateau telah diisi dengan manekin berkostum abad ke-18. Namun, pakaian manekin diganti setiap tahun untuk menunjukkan bagaimana mode berubah. (http://life.viva.co.id/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar