Selasa, 02 Februari 2016

Terkuak Asal Usul Nama Kota Pontianak

Tak banyak orang tahu mengenai asal-usul nama kota ini yang ternyata berawal dari sebuah mitos mistis masa lalu.
Pontianak dikenal sebagai kota khatulistiwa yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Berada di posisi langa, maka dibangunlah sebuah monumen atau tugu khatulistiwa di Siantan.
Selain itu, ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini juga menyimpan legenda yang unik untuk disimak. Tak banyak orang yang tahu mengenai asal-usul kota yang ternyata berawal dari sebuah mitos mistis masa lalu.
Melalui beberapa sumber yang dihimpun Dream.co.id, nama Pontianak bermula dari kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu berwujud kuntilanak saat menyusuri Sungai Kapuas. Pada awalnya tempat ini bernama Khun Tien yang banyak dihuni oleh para etnis Tionghoa di sepanjang pesisir sungai Kapuas.
Ketika mencapai daerah pertemuan Sungai Kapuas Besar dan Sungai Landak, Syarif Abdurrahman yang merasa terganggu dengan ulah kuntilanak, melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu yang digambarkan berwujud sesosok perempuan berbaju putih dan berambut panjang ini.
Lalu pada tahun 1192, Syarif Abdurrahman dinobatkan sebagai Sultan Pontianak Pertama. Masjid Raya Sultan Abdurrahman Alkadrie dan Istana Kadariah menjadi penanda letak kekuasaannya.
Selain cerita di atas, sebagian masyarakat juga percaya bahwa asal usul Pontianak berasal dari legenda masyarakat Melayu yang mengambil nama itu dari kata-kata pohon punti. Pohon punti berarti 'pohon-pohon tinggi'. Pada masa itu, wilayah ini memang terkenal dikelilingi dengan pohon-pohon tinggi.
Bukti ini diperkuat dengan catatan sejarah yang ada pada baris ke-14 surat antara Husein bin Abdul Rahman Al-Aidrus (Rakyat Negeri Pontianak) kepada Sultan Syarief Yusuf Al-Kadrie.
Sedangkan pendapat lain menyebutkan jika Pontianak dapat berarti 'pintu anak'. Atau dengan kata lain, daerah ini menjadi gerbang pembatas antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak. (Dream)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar