Rabu, 02 November 2016

Pantai Parangtritis




            Parangtritis – Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis yang dikenal sebagai pantai laut selatan ramai sekali dengan pengunjung. Pantai ini menawarkan keindahan dengan ombaknya yang besar. Pada pagi hari kita bisa menikmati matahari terbit dan menikmati matahari terbenam. Para pengunjung pantai dapat menikmati suasana pantai dengan naik delman.
            Pantai parangtritis ternyata mempunyai asal usul. Menurut warga setempat parangtritis berasal dari kata parang yang berarti batu dan tumaritis berarti tetesan air. Selain menawarkan keindahan, pantai parangtritis juga menyimpan mitos. Konon, pantai ini merupakan kerajaan Nyi Roro Kidul. Warga setempat begitu mempercayainya dan kepercayaan itu menimbulkan pesona tersendiri.
Menurut warga setempat di pantai parangtritis sering diadakan ritual, hal ini seperti yang diungkapkan warga setempat,” ritual di parangtritis sering dilakukan  puncaknya pada malam 1 Suro, katanya. Ritual ini diadakan dengan maksud untuk meminta keselamatan dan kemurahan rezeki dari penguasa bumi. Dalam ritual ini warga setempat menabur bunga warna-warni disekitar pantai dan memberikan sesajen. (http://indunppbsi2009b.blogspot.co.id/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar